Strategi meningkatkan loading blog

Dunia Blogger, kecepatan blogDunia Blogger, meningkatkan kecepatan loading sebuah blog dewasa ini sudah menjadi sebuah faktor utama penunjang berkembangnya sebuah blog, terutama dalam rangka meraih jumlah kunjungan yang tinggi. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bilamana seorang pengunjung blog pasti akan meninggalkan sebuah blog yang memiliki loading terlalu lama atau terkesan "lemot", dan mereka akan berpindah untuk mencari sebuah informasi yang sama ke blog-blog lain yang lebih cepat proses loadingnya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan lambatnya loading sebuah blog atau situs, yaitu :

1. Server Respon.
Server Respon ini sangat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya adalah jarak antara server dengan pengguna, sumber daya/spesifikasi server yang kurang, kecepatan sambungan internet server yang kurang memadai dan terlalu banyak pengguna dalam sebuah sumber daya server (sering terjadi bila menggunakan sebuah shared hosting). Ditambah lagi adalah kecepatan koneksivitas pengguna yang bersangkutan.

2. Ukuran/size sebuah situs atau blog.
Ukuran sebuah situs atau blog ini merupakan jumlah kalkulasi dari setiap elemen website atau situs seperti gambar, video, kode-kode CSS - Javascript dan lain-lain. Semakin banyak elemen yang digunakan dalam sebuah situs atau blog, maka hal ini akan semakin menambah ukuran sebuah situs atau blog. Oleh karenanya dalam hal ini sangat disarankan untuk melakukan proses compress terhadap elemen-elemen situs atau website tersebut agar menjadi lebih ringan.

3. Logika Pemrograman.
Logika pemrograman dalam membangun sebuah situs atau blog sangat berpengaruh terhadap kecepatan loadingnya. Logika yang berulang-ulang otomatis akan mempengaruhi kinerja server dalam melayani request yang terjadi saat sebuah situs atau blog di load.

Setiap variabel yang digunakan dalam sebuah script akan menghabiskan tempat di memory server sehingga dengan semakin banyaknya script yang dipergunakan otomatis akan membutuhkan space memory server yang besar pula. Hal ini akan semakin terasa untuk para penyewa hosting yang digunakan secara bersama-sama oleh banyak pengguna layanan.

Solusi yang dapat dipergunakan adalah :
  • Http Compression
  • Menggunakan browser cache
  • Minify .js, .css dan .html
  • Mengatasi render blocking CSS dan Javascript.
Demikianlah uraian singkat tentang strategi meningkatkan loading situs atau blog.

Related Posts:

Get free daily email updates!

Follow us!

0 Response to "Strategi meningkatkan loading blog"

Post a Comment

Komentar yang anda tinggalkan mencerminkan pribadi anda sendiri, oleh karenanya hindari spam, pornografi, SARA, promosi produk, Anonimous dan jangan OOT.
Komentar yang sesuai pasti akan aku terbitkan dan anda akan mendapatkan backlink.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.