Dunia Blogger, mempercepat loading blog

Dunia Blogger, blog speedDunia Blogger pada artikel ini akan sedikit mengupas tentang cara mempercepat loading blog khusus untuk blog dengan platform blogger atau blogspot. Hal ini penulis rasa cukup penting karena tidak banyak tutorial yang mengupas tentang masalah ini secara gamblang dan jelas serta terperinci. Yang ada adalah tutorial yang bertele-tele dan akhirnya berdampak pada sebuah kegagalan, karena tidak dapat diterapkan di blog (dengan platform blogger atau blogspot).

Sebelum mengulasnya secara lebih lanjut, perlu kiranya kita sadari bahwa sebuah blog dengan platform blogger atau blogspot pada dasarnya adalah merupakan sebuah "subdomain" dan bukan "domain utama", sehingga untuk beberapa fasilitas tidak dapat sebebas domain utama. Hal yang dibatasi adalah masalah "leverage cache browser" karena semua itu telah diatur oleh Google sebagai pemilik Blogger.com, dan kita sebagai pengguna (gratis) tidak berhak mengaturnya.

Masalah leverage cache browser ini merupakan salah satu kendala untuk mempercepat loading sebuah blog (khusus untuk platform blogger), dan kita sebagai pengguna platform blogger tidak bisa mengatur secara lebih luas dan bebas, kita hanya bisa mencari solusi-solusi lain, diantaranya adalah memanfaatkan Google Site sebagai media "lemari penyimpanan", khusus untuk menyimpan dokumen-dokumen gambar dan beberapa file CSS atau Javascript.

Hal-hal yang paling mudah dilakukan untuk mempercepat loading blog ini adalah :
  1. Tampilkan maksimal 4 postingan blog pada halaman utama (homepage) blog, dengan memanfaatkan fitur auto readmore.
  2. Jangan menampilkan widget-widget terlalu banyak pada halaman homepage, termasuk widget Alexarank sekalipun (kecuali memang dirasa penting).
  3. Jangan menampilkan iklan-iklan pada halaman homepage ini, kecuali memang merupakan sebuah keharusan dan untuk itu gunakan gambar-gambar yang telah teroptimasi secara baik.
  4. Hilangkan kode-kode CSS maupun Javascript yang memblokir render, namun hal ini perlu anda lakukan secara hati-hati karena dapat menyebabkan kerusakan tampilan blog maupun beberapa fitur menjadi tidak berfungsi.
  5. Jangan menggunakan widget-widget bawaan default-blogger dan sedapat mungkin gantilah dengan widget-widget buatan blogger lainnya.
Setelah anda melakukan ke-lima hal tersebut di atas, test atau ujilah kecepatan loading blog anda dengan mempergunakan Google PageSpeed Insight dan GTMetrix, lihatlah hasilnya, dan bilamana anda belum merasa puas, silahkan melanjutkan ke langkah-langkah berikut ini.

Masalah yang pasti dihadapi terhadap pemakaian platform blogger atau blogspot dalam rangka meningkatkan kecepatan loading blog adalah :

1. Optimalkan Pengiriman CSS.
Kode CSS yang pasti menjadi masalah adalah dua jenis kode CSS seperti di bawah ini :

https://www.blogger.com/…189244943-widget_css_mobile_2_bundle.css
https://www.blogger.com/…&zx=e0a17a2f-259b-42b3-86c2-7a5225ab62d8

Untuk mengatasi masalah tersebut di atas, dalam hal ini diperlukan keberanian khusus dari anda, karena langkah yang dilakukan pasti akan mengakibatkan perubahan (bisa jadi kerusakan) pada tampilan blog anda, atau bisa juga mengakibatkan beberapa widget atau fitur blog menjadi tidak berfungsi, terutama widget-widget yang dibuat dengan mengandalkan kode-kode Javascript yang diletakkan di atas </head>.

Dan bilamana anda telah cukup berani untuk mengambil resiko, maka lakukanlah hal berikut ini  :

Gantilah </head> dengan &lt;head&gt; dan langkah selanjutnya adalah ganti pula kode ini </head> dengan &lt;!--<head/>--&gt;

Dan bilamana anda beruntung, maka yang akan mengalami perubahan hanyalah Widget Popular Post saja, sedangkan yang lainnya tidak akan berubah.

Catatan:
a. Mengoptimalkan pengiriman CSS blogger hanya bisa dilakukan dengan template non default blogger.
b. Cara memaksimalkan pengiriman CSS blogger ini kemungkinan akan mengubah tampilan dari blog anda. Hal ini mungkin terjadi karena skin yang terdapat dalam html template blog anda tidak mewakili semua kode elemennya (div class yang terdapat dalam elemen html blog anda tersebut).


2. Manfaatkan penyimpanan dalam cache browser.
Peringatan kesalahan yang sering muncul dalam hal ini adalah sebagai berikut :

Manfaatkan penyimpanan dalam cache browser untuk sumber daya yang dapat disimpan dalam cache berikut:
    http://1.bp.blogspot.com/…2-c/hosting-keyword-density-tutorial.jpg (24 jam)
    http://2.bp.blogspot.com/…vX_YoDJU/s72-c/GemStone-of-Majapahit.jpg (24 jam)
    http://2.bp.blogspot.com/…6bbb0a1aef1606a3d319f00cfa1_sinilahi.gif (24 jam)
    http://2.bp.blogspot.com/…I/AAAAAAAAA7w/rDv_8maJUjE/s72-c/FKMB.jpg (24 jam)
    http://4.bp.blogspot.com/…t9g8Y/s72-c/batu-badar-lumut-300x255.jpg (24 jam)

Perhatikan, yang terbanyak menjadi masalah adalah url gambar-gambar postingan blog, dan dalam hal ini kita sebagai pemakai platform blogger tidak dapat berbuat banyak tentang masalah penyimpanan dalam cache browser ini. Kita hanya bisa mengakalinya atau mencari solusi lain, yaitu menyimpan semua gambar-gambar postingan blog ke media hosting gratis yaitu Google Site.


3. Mengganti kode </body>
Sebagai pelengkap cara mempercepat loading blog (platform blogger), gantilah kode </body> dengan kode berikut ini &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;


Simpan template anda dan ujilah kembali tingkat kecepatan loading blog anda, pasti akan ada peningkatan kecepatan loading blog, terutama dari hasil uji menggunakan Google PageSpeed Insight.

Sekian tutorial dari saya, semoga dapat bermanfaat.


Related Posts:

Get free daily email updates!

Follow us!

6 Responses to "Dunia Blogger, mempercepat loading blog"

  1. Wah ini cara-cara yang cukup revolusioner untuk mempercepat loading blog, mantap kang .............

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bukan revolusioner, tapi agak jarang dipergunakan aja mas bro

      Delete
  2. Bagus infonya mas bro, trims

    ReplyDelete
  3. Mantap kang .... muantap abis

    ReplyDelete
  4. Thanks for sharing, menambah pengetahuan aku yang newbie ini, salam blogger

    ReplyDelete

Komentar yang anda tinggalkan mencerminkan pribadi anda sendiri, oleh karenanya hindari spam, pornografi, SARA, promosi produk, Anonimous dan jangan OOT.
Komentar yang sesuai pasti akan aku terbitkan dan anda akan mendapatkan backlink.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.