MENDETEKSI ARTIKEL BLOG YANG TELAH TERINDEKS GOOGLE

Dunia BloggerDUNIA BLOGGER. Sesuai dengan judul artikel yaitu mendeteksi artikel blog yang telah terindeks oleh Google ini pada dasarnya ingin menguraikan bagaimana cara mengetahui artikel-artikel blog yang telah kita tuliskan telah pula ter-indeks oleh Google atau belum. Kapan saat artikel tersebut ter-indeks oleh Google ? Bagi saya hal ini penting untuk memotivasi diri menulis artikel-artikel baru (yang sedapat mungkin berkualitas) sebagai bagian dari update blog dan berbagi kepada sesama blogger.

Sebenarnya untuk mengetahui kapan saat artikel-artikel kita ini terindeks oleh Google bukanlah masalah yang sulit. Ada alat bantu yang disediakan oleh MyPagerank.net yaitu Google Bot Last Access. Namun bagi saya, alat bantu ini kurang valid karena tidak mampu menyediakan data kapan masing-masing artikel kita ter-indeks oleh Google. Tiap-tiap artikel blog tersebut terindeks tidak pada saat yang bersamaan meskipun kita menuliskannya pada tanggal yang sama serta men-submit ke Webmaster Tools pada saat yang sama juga. Inilah keunikan Google Bot tersebut. Bahkan faktanya, artikel yang pertama kali aku buat pada blog DUNIA BLOGGER ini baru terindeks pada tanggal 03 Agustus 2013 lalu, lucu dan unik juga.

Nah, untuk memastikan tanggal yang pasti (valid) ter-indeks-nya artikel-artikel blog yang kita miliki, aku mempergunakan bantuan Gbotvisit suatu alat online untuk mendeteksi kapan saat artikel-artikel blog kita di indeks oleh Google. Berikut tampilan software online tersebut.

Dunia Blogger

Pada kotak yang tersedia, kita tinggal memasukkan alamat url artikel yang akan kita deteksi (check) tersebut, selanjutnya kita tinggal kli Check Google Bot last visit, dan tunggu sebentar, selanjutnya akan muncul informasi seperti gambar di bawah ini.

Dunia Blogger

Jelas sekali, di sana ditampilkan kapan Google meng-indeks artikel kita tersebut berikut kode HTML yang dapat anda pasangkan pada artikel yang sobat deteksi tersebut.

Related Posts:

Get free daily email updates!

Follow us!

4 Responses to "MENDETEKSI ARTIKEL BLOG YANG TELAH TERINDEKS GOOGLE"

  1. wah mantap mas infonya....saya bingung ketika info seperti ini tidak saya temukan

    ReplyDelete
  2. Template anda bermasalah,coba cek di : https://developers.google.com/structured-data/testing-tool/

    ReplyDelete
  3. Ada bagusnya saran agan Klikmania Dotnet ini diperhatikan mas bro ...... bisa jadi solusi hebat tuh ....

    ReplyDelete

Komentar yang anda tinggalkan mencerminkan pribadi anda sendiri, oleh karenanya hindari spam, pornografi, SARA, promosi produk, Anonimous dan jangan OOT.
Komentar yang sesuai pasti akan aku terbitkan dan anda akan mendapatkan backlink.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.