ANALISA TENTANG CARA BIKIN BLOG JADI TERKENAL

Dunia BloggerDUNIA BLOGGER. Memiliki sebuah blog yang terkenal tentunya memiliki kebanggaan serta kepuasan tersendiri. Memiliki sebuah blog yang terkenal juga menjadi idaman kebanyakan blogger di dunia ini. Semua aktivitas di dunia blogging pada akhirnya tentu mengarah kepada terbentuknya sebuah blog yang terkenal, sehingga pada akhirnya akan mendatangkan berbagai macam benefit yang otomatis menguntungkan bagi pemiliknya.

Secara garis besar membuat sebuah blog menjadi terkenal tidak dapat dilepaskan dari upaya-upaya penerapan SEO onpage maupun SEO offpage yang memadai (namun tidak terlalu berlebihan) serta pemilihan dan pemakaian template blog yang SEO friendly. Namun perlu kiranya dipahami bahwa untuk membuat sebuah blog menjadi terkenal tersebut tidak dapat dilakukan hanya dalam waktu semalam atau semacam membalikkan telapak tangan, semuanya itu memerlukan upaya yang sistematis dan berkesinambungan.

Berikut ini adalah upaya-upaya dasar yang perlu dilakukan untuk membuat blog menjadi terkenal  :

1. Memperingan atau mempercepat proses loading blog.
Cepat atau tidaknya proses loading sebuah blog tidak dapat dilepaskan dari berat atau ringannya sebuah blog tersebut. Secara umum, sebuah blog yang cepat proses loadingnya biasanya memiliki berat blog yang tidak lebih dari 100 kb. Oleh karenanya, untuk menghindari semakin beratnya sebuah blog, maka hindarilah pemakaian script-script html yang tidak terlalu berguna (mendukung keberadaan sebuah blog). Semakin banyak kita menggunakan script-script html pada sebuah homepage blog, otomatis berat blog tersebut akan semakin bertambah.

2. Penempatan letak gadget yang teratur dan seimbang.
Pemakaian gadget (widget) blog hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan blog tersebut serta tidak terlalu berlebihan. Gadget-gadget yang tidak terlalu penting semacam gadget penunjuk waktu (jam) pada blog, feedjit widget traffic, shoutbox widget dan lain-lain, hendaknya tidak dipasang agar tidak lebih memperberat blog.

3. Melakukan postingan-postingan baru secara teratur.
Meng-update blog dengan postingan-postingan baru adalah merupakan upaya untuk memperbaharui sebuah blog, sehingga membuat para visitor menjadi lebih senang untuk selalu datang kembali ke blog kita. Dengan meng-update blog dengan postingan-postingan baru tersebut menunjukkan kepada publik bahwa kita senantiasa memelihara blog yang ada secara baik dan memadai, disamping itu semua mesin pencari termasuk Google search engine sangat menyukai sebuah blog yang selalu di-update secara teratur dan sistematis.

4. Mempromosikan blog kita ke berbagai situs social-bookmark.
Situs social-bookmark ini kita butuhkan untuk mendatangkan pengunjung-pengunjung baru yang sangat kita butuhkan untuk mendukung eksistensi blog yang kita miliki. Situs social-bookmark ini biasanya berbentuk forum-forum komunikasi untuk bertukar pikiran serta pengalaman. Beberapa situs social bookmark yang dapat kita pergunakan diantaranya adalah lintas.me, infogue.com dan masih banyak yang lainnya.

5. Mempromosikan artikel-artikel blog ke berbagai situs jejaring sosial.
Situs jejaring sosial adalah situs yang membuat kita bisa bersosialisasi di dunia internet. Contoh situs jejaring sosial adalah seperti facebook, twitter, dan lain-lain. Jadi, anda dapat promosikan postingan blog pada situs-situs tersebut. Bayangkan saja, jika teman-teman anda ada sejumlah 500 orang, berapa calon pengunjung blog anda ? Belum lagi jika postingan blog anda tersebut disebarkan lagi.

6. Daftarkan blog ke mesin pencari dan lakukan ping.
Mendaftarkan blog ke mesin pencari hendaknya dilakukan pertama kali setelah sebuah blog telah terbentuk, search engine yang wajib diikuti adalah Google dan Yahoo/Bing. Pendaftaran ini dapat dilakukan melalui webmaster dari masing-masing search engine tersebut.

Demikianlah sekilas pintas analisa tentang cara bikin blog jadi terkenal, bilamana anda ingin menambahkan solusi lain, silahkan menuliskannya pada kotak komentar.

Related Posts:

Get free daily email updates!

Follow us!

6 Responses to "ANALISA TENTANG CARA BIKIN BLOG JADI TERKENAL"

  1. terima kasih atas artikel penting ini..... aku memang sangan butuh.....

    ReplyDelete
  2. Untuk penempatan ads yang ideal ada dimana ya gan? dan ada berapa di tiap halaman?

    ReplyDelete
  3. mantap postingannya gan (y)
    kunjungi balik http://kenotisme.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. thanks analisa blog nya.

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Komentar yang anda tinggalkan mencerminkan pribadi anda sendiri, oleh karenanya hindari spam, pornografi, SARA, promosi produk, Anonimous dan jangan OOT.
Komentar yang sesuai pasti akan aku terbitkan dan anda akan mendapatkan backlink.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.