OPTIMASI KECEPATAN LOADING BLOG DENGAN CSS COMPRESSOR

Dunia BloggerkuOptimasi kecepatan loading blog dengan kompres CSS ini tentu saja bertujuan untuk mempercepat loading blog yang kita miliki. Menurut DUNIA BLOGGER, kecepatan loading blog ini merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi pengunjung atau visitor blog yang kita miliki. Betapa tidak, mereka tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengakses informasi-informasi yang telah kita sediakan. Sebagus apapun tata-letak atau disain blog yang kita miliki bilamana tidak ditunjang dengan kecepatan loading blog-nya, saya pikir akan sulit bersaing untuk mendapatkan banyak visitor.

Sebenarnya banyak cara untuk mengkompres CSS blog ini, namun cara-cara tersebut tidak lain memiliki tujuan yang relatif sama, yaitu agar loading blog lebih cepat. Agar lebih mudah dalam proses pengkompresan anda juga harus memiliki pengetahuan tentang struktur dan bagian-bagian template blogger, karena tidak semua template blogger memiliki kode css yang sama.

Sebelum melakukan pengkompresan terlebih dahulu saya himbau kepada anda untuk mendownload template blog anda terlebih dahulu, hal ini perlu dilakukan untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan pada template anda. Adapun cara mengkompres CSS template blogger dapat Anda baca melalui penjelasan berikut ini :

1. Lihat terlebih dahulu ukuran template anda di http://www.iwebtool.com/speed_test
2. Jika telah selesai, kunjungi link berikut csscompressor
3. Masuk ke akun blogger anda dengan window/tab baru
4. Pilih rancagan kemudian klik Edit HTML
5. Berikan centang atau ceklis pada kotak Expand Template Widget
6. Lakukan sedikit settingan pada web csscompressor tadi dengan merubah :
  • Compression mode = pilih 'Super Compact'
  • Comments handling = pilih 'Strip ALL comments'
7. Jika telah selesai, kembali ke halaman Edit template blogger Anda

Sedikit penjelasan : kode CSS template blogger berada atau terletak diantara kode <b:skin><![CDATA[  hingga ]]></b:skin> (anda dapat mencarinya dengan menggunakan bantuan ctrl + f) . Agar template anda tidak error, lakukan pengompresan secara bertahap, artinya lakukan secara bagian-perbagian hingga akhir kode CSS, jika anda melakukan pengompresan CSS secara sekaligus maka saya khawatir template anda nantinya akan error.

8. Copy dan paste CSS template pada halaman csscompressor tadi lalu klik  Compress-it! 
9. Tunggu sebentar sampai proses pengompressan selesai, lalu copy dan paste css yang telah dikompres tadi pada template blogger anda (sebelumnya hapus CSS yang lama dan ganti dengan CSS yang telah dikompres tadi).
10. Lakukan dengan cara yang sama pada kode CSS berikutnya hingga selesai bagian per-bagian.
11. Jika sudah selesai semuanya, klik pratinjau untuk melihat hasil sementara sebelum disave.
12. Jika tidak ada perubahan dalam template anda, maka pengompresan telah berhasil dilakukan, kemudian save, dan lihat perbandingan ukuran template sebelumnya dengan yang baru dikompres (poin 1).

Mungkin sudah cukup jelas penjelasan dari saya mengenai optimasi kecepatan loading blog dengan  kompres CSS ini, selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat.

Related Posts:

Get free daily email updates!

Follow us!

1 Response to "OPTIMASI KECEPATAN LOADING BLOG DENGAN CSS COMPRESSOR"

Komentar yang anda tinggalkan mencerminkan pribadi anda sendiri, oleh karenanya hindari spam, pornografi, SARA, promosi produk, Anonimous dan jangan OOT.
Komentar yang sesuai pasti akan aku terbitkan dan anda akan mendapatkan backlink.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.