HAL-HAL YANG BERKAITAN DENGAN SEBUAH BLOG

Dunia BloggerkuDUNIA BLOGGERKU  pada kesempatan kedua ini akan sedikit membahas tentang beberapa hal yang berkaitan dengan blog yang mana dapat dipergunakan sebagai bahan referensi dalam mengelola sebuah blog. Beberapa hal yang berkaitan dengan blog ini menurut saya menjadi suatu hal yang cukup penting untuk diketahui, utamanya bagi blogger-blogger pemula semacam saya ini.

Dalam artikel ini hanya akan penulis bahas beberapa hal yang saya anggap penting sepanjang yang saya ketahui dan pahami dari pengalaman mengelola beberapa blog saya yang lainnya (yang telah mendapatkan posisi penting pada hasil SERP). Penulis dalam hal ini tidak ingin menyombongkan diri, namun semata-mata hanya ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman saja.

Baiklah kita kembali kepada permasalahan semula, dalam hal ini terdapat beberapa faktor penting yang patut untuk dimengerti dan dipahami, sebagai berikut  :

1. Template Blog
Template Blog adalah sebuah disain tampilan halaman blog yang berisikan dokumen file model-model tambahan (dapat berupa postingan atau widget) yang dikodekan dalam suatu bahasa program. Dengan kata lain, template blog adalah merupakan suatu wadah atau tempat kita meletakkan disain blog berikut konten atau isi dari pada blog itu sendiri.

2. Artikel Blog
Artikel blog atau yang lebih populer dengan istilah konten blog adalah berupa tulisan-tulisan dari si pemilik blog (blogger/webmaster) yang dapat berupa pengetahuan umum, tips-trik, ungkapan perasaan atau hal-hal yang lainnya, yang pada dasarnya merupakan inti dari pada blog itu sendiri.

3. Widget Blog
Widget blog ini pada dasarnya merupakan sebuah fitur-fitur tambahan atau fasilitas-fasilitas yang tersedia dalam suatu blog yang dapat berupa suatu program, iklan atau informasi-informasi tertentu yang masih berkaitan dengan isi blog itu sendiri. Contoh beberapa widget standar yang selalu ada dalam sebuah blog adalah Indikator Alexa rank, Indikator Google page rank, Popular Post (artikel paling populer), daftar pengikut blog, model-model navigasi blog, Breaking News dan masih banyak yang lainnya.

4. Optimasi Blog

Optimasi blog pada dasarnya adalah merupakan serangkaian tindakan atau upaya-upaya yang dilakukan oleh pemilik blog (blogger/webmaster) dalam rangka memperkenalkan blog yang dimilikinya sekaligus menempatkan blog nya itu ke dalam suatu urutan posisi elite (posisi teratas)  pada hasil pencarian search-engine semacam Google. Langkah-langkah optimasi ini bisa dikenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO).

5. Backlink Blog
Berkaitan dengan optimasi blog, backlink blog ini dapat diartikan sebagai suatu dukungan link dari berbagai blog/situs/website lain yang mengarah atau ditujukan kepada blog yang kita miliki atau yang mengarah kepada postingan-postingan blog. Backlink Blog ini biasa disebut juga dengan istilah SEO Offpage. Backlink Blog ini sangat penting artinya untuk mendukung keberadaan/eksistensi blog yang kita miliki agar dapat menempati posisi strategis pada hasil pencarian search-engine.

Demikianlah uraian tentang beberapa hal yang berkaitan dengan blog, semoga dapat bermanfaat.

Related Posts:

Get free daily email updates!

Follow us!

1 Response to "HAL-HAL YANG BERKAITAN DENGAN SEBUAH BLOG"

Komentar yang anda tinggalkan mencerminkan pribadi anda sendiri, oleh karenanya hindari spam, pornografi, SARA, promosi produk, Anonimous dan jangan OOT.
Komentar yang sesuai pasti akan aku terbitkan dan anda akan mendapatkan backlink.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.