Dunia Blogger, tentang Responsive Web Design (RWD)

Dunia Blogger, responsive web designDunia Blogger. Belakangan ini sedang trend desain web yang responsif, perkembangan desain web agar dapat tampil dengan baik dan nyaman pada browser di semua perangkat gadget apapun yang berbeda resolusi layarnya. Sebagian besar kalian mungkin sudah mengerti, tapi beberapa waktu lalu seorang teman bertanya kepada saya soal itu dan saya coba memberikan apa yang saya ketahui untuk sedikit memahaminya.

Responsive Layout
Mungkin kita pernah membuka sebuah situs dengan menggunakan smartphone dan setelah terbuka situs tersebut terpotong tampilannya ataupun terlihat sangat kecil karena menyesuaikan dengan lebar smartphone kita, itu terjadi karena layout situs tersebut tidak menerapkan responsif desain/layout.

Kurang lebihnya desain responsif itu dimaksudkan agar desain web dapat tampil dengan baik menyesuaikan dengan lebar resolusi layar perangkat secara otomatis, misalkan pada lebar layar1024px (desktop) layout akan tampil 3 kolom, kemudian bila dibuka pada lebar layar 320px (smartphone) akan menjadi 1 kolom. Hal tersebut lebih bertujuan untuk kenyamanan dan memaksimalkan tampilan layout agar semua content dapat terlihat tanpa harus terpotong dan harus menggunakan horizontal scroll di browser (pada layar mobile/smartphone).

Yang harus digaris bawahi adalah ketika layout 3 kolom berubah menjadi 1 kolom itu bukan berarti 2 kolom yang lain dihilangkan, melainkan hanya di layout "ulang" untuk menyesuaikan lebar resolusi layar. Untuk menerapkan fungsi itu menggunakan salah satu bagian dari CSS3 yaitu Media Queries.

Ada 3 hal utama yang menjadi kunci dalam responsif desain, yaitu :

Fluid & flexible grid
Lebar dan layoutnya dapat secara otomatis berubah dengan fleksibel menyesuaikan mengikuti lebar layar pada perangkatnya.

Flexible image size
Ukuran image pada halaman web juga dapat menyesuaikan mengikuti lebar layar pada perangkatnya.

Media queries
Adalah bagian dalam CSS3 yang digunakan untuk menerapkan style layoutnya dan menentukan target lebar layarnya.

(Haruskah) Responsif ?
Seperti yang kita ketahui bahwa trend dan perkembangan dunia gadget saat ini memungkinkan banyak orang mulai membuka halaman web dari perangkat gadget mereka, baik perangkat dengan resolusi layar kecil seperti handphone/smartphone atau pada perangkat dengan resolusi medium seperti tablets/ipad/laptop, jadi layout web responsif itu bisa memberikan kenyamanan bagi yang melihat tampilan web tersebut karena layoutnya bisa menyesuaikan lebar layar pada perangkat yang bersangkutan, mulai dari layout, text (font size), image, sampai menyembunyikan mana content yang tidak ingin di tampilkan untuk memaksimalkan layout.

Jadi bukan dalam pengertian "harus" itu sama dengan wajib, tapi menurut saya mungkin ada baiknya para web desainer atau web developer mulai memikirkan soal responsive design untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung web dan memaksimalkan penyajian konten web mereka agar lebih mudah dan nyaman dibaca dalam berbagai perangkat.

Related Posts:

Get free daily email updates!

Follow us!

1 Response to "Dunia Blogger, tentang Responsive Web Design (RWD)"

  1. Web responsive sudah menjadi hal wajib dalam pembuatan website.

    Bagi yang berminat belajar membuat website sendiri bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/web-design.html

    ReplyDelete

Komentar yang anda tinggalkan mencerminkan pribadi anda sendiri, oleh karenanya hindari spam, pornografi, SARA, promosi produk, Anonimous dan jangan OOT.
Komentar yang sesuai pasti akan aku terbitkan dan anda akan mendapatkan backlink.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar.